Mengenai makmum masbuk yang ketinggalan Al-fatihah ( Imam sudah membaca Al-fatihah makmum baru datang-Red) ada kalangan yang mengahruskan mengulang/tidak dianggap ikut satu rakaat. Ustadz Asep rahmat fauzi menerangkan hal-hal yang berkenaan dengan sholat jamaah sebagai berikut: Pendahuluan Diinul Islam adalah agama yang sempurna. Allah azza wa jalla memilih agama ini sebagai agama yang diridhoi-Nya (Q.s 3:19). Dalam menegakan Diinul Islam ini, Allah azza wa jalla mewajibkan Shalat kepada Umat-Nya (Q.s 4:103, HR. Bukhari dan Muslim). dalam menjelaskan kewajiban ini, Allah azza wa jalla mengutus Rasul-Nya Muhammad saw (Q.s 3:144). Maka semangat yang harus terbangun dalam diri umat Islam adalah semangat ittiba’ terhadap Rasul termasuk dalam konteks shalat berjama’ah (HR. Bukhari) yang akan kita bahas dalam uraian berikut ini. Pembahasan a. Dasar perintah shalat berjama’ah وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ [البقرة: 43] Artinya: “dan tegakanlah sholat, tunaikan zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’” (terjemah al Baqoroh 43) عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً [صحيح مسلم 2/ 122] Artinya: “dari ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: shalat jama’ah lebih utama dari shalat sendiri dengan keutamaan 27 derajat” (HR. Muslim) عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِى جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِى جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ [سنن أبى داود 1/ 217] Artinya: “Utsman bin ‘Affan berkata: Rasulullah saw bersabda: Barang siapa sholat isya berjama’ah maka dia seakan-akan menegakan setengah malam dan barang siapa sholat isya dan shubuh berjama’ah maka dia seakan-akan menegakan semalaman” (HR. Abu Daud) b. Jumlah minimal shalat berjama’ah وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَكَ ............. [النساء: 102] Artinya: “dan apabila kamu bersama mereka hendak menegakan shalat maka tegakanlah bersama sebagian dari mereka …………. ” (terjemah an Nisa 102) عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمًا الصُّبْحَ فَقَالَ « أَشَاهِدٌ فُلاَنٌ ». قَالُوا لاَ. قَالَ « أَشَاهِدٌ فُلاَنٌ ». قَالُوا لاَ. قَالَ « إِنَّ هَاتَيْنِ الصَّلاَتَيْنِ أَثْقَلُ الصَّلَوَاتِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ وَلَوْ تَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَيْتُمُوهُمَا وَلَوْ حَبْوًا عَلَى الرُّكَبِ وَإِنَّ الصَّفَّ الأَوَّلَ عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلاَئِكَةِ وَلَوْ عَلِمْتُمْ مَا فَضِيلَتُهُ لَاَبْتَدَرْتُـمُوهُ وَإِنَّ صَلاَةَ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ وَحْدَهُ وَصَلاَتُهُ مَعَ الرَّجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ مَعَ الرَّجُلِ وَمَا كَثُرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى» ]سنن أبى داود 1/ 217] Artinya: “Ubay bin Ka’ab berkata: suatu hari, Rasulullah saw shalat shubuh bersama kami. Beliau bertanya: Apakah ada yang melihat fulan? Para sahabat menjawab: tidak. Beliau bertanya lagi: Apakah ada yang melihat fulan? Para sahabat menjawab: tidak. Beliau sersabda: sesungguhnya menunaikan dua shalat ini (isya dan shubuh) sangat berat bagi orang munafiq. Sekiranya kamu sekalian mengetahui kebaikan apa didalamnya, sungguh kalian akan bersegera menemuinya walaupun dengan merangkak. Sesungguhnya shaff awal seperti shaffnya para malaikat. Sekiranya kalian mengetahui keutamaannya sungguh kalian akan bersegera menegakannya. Sesungguhnya shalat seseorang bersama orang lain lebih dianjurkan dari shalat sendiri. Shalat bersama dua orang lebih dianjurkan dari shalat bersama satu orang lain. Dan lebih disukai oleh Allah ketika bilangannya bertambah” (HR. Abu Daud) عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَا مِنْ ثَلاَثَةٍ فِى قَرْيَةٍ وَلاَ بَدْوٍ لاَ تُقَامُ فِيهِمُ الصَّلاَةُ إِلاَّ قَدِ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ ». قَالَ زَائِدَةُ قَالَ السَّائِبُ يَعْنِى بِالْجَمَاعَةِ الصَّلاَةَ فِى الْجَمَاعَةِ [سنن أبى داود 1/ 214] Artinya: “Abu Darda’ berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: tidak ada kondisi selain sungguh telah dikuasai syaitan bagi orang-orang yang terdiri dari tiga orang dalam suatu tempat dan mereka tidak menegakan sholat bersama-sama. Maka kewajiban kalianlah berjama’ah. Serigala hanya akan menerkan yang sendiri/tercecer. (HR. Abu Daud) c. Tata cara berjama’ah o 1 imam 1 makmum عَن بنِ عَبَّاسٍ قَالَ بِتُّ عِندَ خَالَتِى مَيْمُونَةَ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنَ اللَّيْلِ فَأَتَى حَاجَتُهُ ثُمَّ غَسَلَ وَجهَهُ وَيَدَيهِ ثُمَّ نَامَ ثُمَّ قَامَ فَأَتَى القِربَةَ فَأَطلَقَ شِنَاقَهَا ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوءًا بَينَ الوُضُوءَينِ لَم يَكثُر وَقَد أَبلَغَ ثُمَّ قَامَ فَصَلِّى فَقُمتُ فَتَوَضَّأتُ فَقَامَ يُصَلِّي فَقُمتُ عَن يَسَارِهِ فَأَخَذَ بِأُذُنِي فَأَدَارَنِي عَن يَمِينِهِ فَتَتَامَّتُ صَلاَةَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ثَلاَثَ عَشرَةَ رَكعَةً ثُمَّ اضطَجَعَ فَنَامَ حَتَّى نَفَخَ وَكَانَ إِذَا نَامَ نَفَخَ فَأَتَاهُ بِلاَلُ فَآذَنَهُ بِالصَّلاَةِ فَقَامَ فَصَلِّى وَلَم يَتَوَضَّأ وَكَانَ يَقُولُ فِي دُعَائِهِ اللَّهُمَّ اجعَل فِي قَلبِي نُورًا وَفِي سَمعِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَعَن يَمِينِي نُورًا وَعَن شِمَالِي نُورًا وَفَوقِي نُورًا وَتَحتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلفِي نُورًا وَأَعظِم لِي نُورًا [السنن الكبرى للنسائي 1/ 161] Artinya: “Ibnu Abbas berkata: saya menginap di saudara perempuanku maimunah. Ditengah malam, Rasulullah terbangun dan memenuhi kebutuhannya kemudian beliau membasuh wajah dan tangannya kemudian di lanjut tidurnya. Kemudian beliau bangun dan menuangkan air dari bejana untuk berwudhu. Beliau berwudhu tanpa berlebih-lebihan. Kemudian beliau pun shalat. Maka saya pun bergegas untuk berwudhu dan shalat bersama Rasul di sisi kirinya. Lalu beliau menjewer telingaku dan memutar ke arah sisi kanannya. Saya menyempurnakan bersama Rasulullah saw shalat 13 raka’at……… ” (HR. an Nasai) عَن ابنِ عَبَّاسٍ قَالَ : صَلَّيتُ مَعَ النَّبِي صلى الله عليه و سلم ذَاتَ لَيلَةٍ فَقُمتُ عَن يَسَارِهِ فَأَخَذَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه و سلم بِرَأسِي مِن وَرَائِي فَجَعَلَنِي عَن يَمِينِهِ [ قال أبو عيسى ] وفي الباب عن أنس قال [ أبو عيسى ] [ و ] حديث ابن عباس حديث حسن صحيح والعمل على هذا عند أهل العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم ومن بعدهم قالوا إذا كان الرجل مع الإمام يقوم عن يمين الإمام [سنن الترمذي 1/ 451] Artinya: “Ibnu Abbas berkata: Saya shalat bersama nabi saw. Saya berdiri di sisi kirinya, kemudian beliau memegang kepalaku dari arah belakang dan memindahkan saya ke sisi kanannya………” (HR. Tirmidzi) o 1 imam 2 makmum عَن جَابِرًا - يَعْنِى ابْنَ عَبْدِ اللَّهِ - قَالَ سِرْتُ مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فِى غَزْوَةٍ فَقَامَ يُصَلِّى وَكَانَتْ عَلَىَّ بُرْدَةٌ ذَهَبْتُ أُخَالِفُ بَيْنَ طَرَفَيْهَا فَلَمْ تَبْلُغْ لِى وَكَانَتْ لَهَا ذَبَاذِبُ فَنَكَسْتُهَا ثُمَّ خَالَفْتُ بَيْنَ طَرَفَيْهَا ثُمَّ تَوَاقَصْتُ عَلَيْهَا لاَ تَسْقُطُ ثُمَّ جِئْتُ حَتَّى قُمْتُ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَأَخَذَ بِيَدِى فَأَدَارَنِى حَتَّى أَقَامَنِى عَنْ يَمِينِهِ فَجَاءَ ابْنُ صَخْرٍ حَتَّى قَامَ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَنَا بِيَدَيْهِ جَمِيعًا حَتَّى أَقَامَنَا خَلْفَهُ قَالَ وَجَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَرْمُقُنِى وَأَنَا لاَ أَشْعُرُ ثُمَّ فَطِنْتُ بِهِ فَأَشَارَ إِلَىَّ أَنْ أَتَّزِرَ بِهَا فَلَمَّا فَرَغَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « يَا جَابِرُ ». قَالَ قُلْتُ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ « إِذَا كَانَ وَاسِعًا فَخَالِفْ بَيْنَ طَرَفَيْهِ وَإِذَا كَانَ ضَيِّقًا فَاشْدُدْهُ عَلَى حِقْوِكَ » [سنن أبى داود 1/ 242] Artinya: “Jabir (bin Abdullah) berkata: Saya ikut berperang bersama Rasulullah saw. Lalu beliau menegakan sholat. Kondisi saya saat itu berselimut. Saya bangkit sambil mengikat selimut tersebut akan tetapi tidak bisa. Lalu saya menahannya dengan leher. Lalu saya bergabung dan berdiri di sisi kiri Rasulullah saw. Lalu beliau menarik tanganku dan memutar aku sehingga saya berdiri di sisi kanannya. Kemudian datanglah ibnu Shokrin dan berdiri di sisi kiri beliau. Lalu beliau mendorong kami semuanya sehingga kami berdiri di belakangnya. (setelah selesai) Rasulullah saw melihat ke arah saya (Jabir) sedangkan saya tidak merasa diperhatikannya. Kemudian saya faham sedang diperhatikannya lalu beliau memberikan isyarat untuk mendekat ke sampingnya. Tatkala sepi beliau bersabda: hai Jabir, jika selimut itu lebar maka ikat antara ujungnya dan jika kecil maka sambung dengan sarungmu” (HR. Abu Daud) o 1 imam banyak makmum Berdasar hadits pada pada point 1 imam 2 makmum dan hadits di bawah ini. عَن أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه و سلم قَالَ : أَتِمُّوا الصَفَّ الأَوَّلُ ثُمَّ الَّذِي يَلِيهِ وَاِن كَانَ نَقصٌ فَليَكُن فِي الصَفِّ الـمُؤَخِر [سنن النسائي - 2/ 93] Artinya: “Dari Anas (bin Malik), Sesungguhnya Rasulullah saw Bersabda: penuhi dulu shaff pertama kemudian baru yang selanjutnya. Jika ada yang kurang maka biarkan itu di shaff paling akhir” o Kondisi makmum (1) makmum tidak mendapati takbiratul ihram, mendapati alfatihah (2) Makmum tidak mendapati takbiratul ihram dan alfatihah pada raka’at pertama, mendapati beberapa ayat yang dibaca setelah al fatihah (3) makmum hanya mendapati rukunya imam. عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ» [صحيح البخاري 1/ 263] (لا صلاة) صحيحة أو كاملة Artinya: “Dari Ubadah bin Shamit sesungguhnya Nabi saw bersabda: Tidak ada shalat (sempurna) bagi orang yang tidak membaca al fatihah” (HR. Bukhari) عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا جِئْتُمْ إِلَى الصَّلاَةِ وَنَحْنُ سُجُودٌ فَاسْجُدُوا وَلاَ تَعُدُّوهَا شَيْئًا وَمَنْ أَدْرَكَ الرَّكْعَةَ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلاَةَ » [سنن أبى داود 1/ 331] Artinya: “Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw bersabda: ketika kalian hendak berjama’ah dan melihat kami sedang sujud maka bersujudlah dan jangan dimasukan dalam menjumpai raka’at. Barang siapa mendapati ruku nya imam, maka dia telah menjumpai satu raka’at” (HR. Abu Daud) o Menyempurnakan bilangan raka’at عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ غَزَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَبُوكَ - قَالَ الْمُغِيرَةُ - فَتَبَرَّزَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قِبَلَ الْغَائِطِ فَحَمَلْتُ مَعَهُ إِدَاوَةً قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ فَلَمَّا رَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِلَىَّ أَخَذْتُ أُهَرِيقُ عَلَى يَدَيْهِ مِنَ الإِدَاوَةِ وَغَسَلَ يَدَيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثُمَّ ذَهَبَ يُخْرِجُ جُبَّتَهُ عَنْ ذِرَاعَيْهِ فَضَاقَ كُمَّا جُبَّتِهِ فَأَدْخَلَ يَدَيْهِ فِى الْجُبَّةِ حَتَّى أَخْرَجَ ذِرَاعَيْهِ مِنْ أَسْفَلِ الْجُبَّةِ. وَغَسَلَ ذِرَاعَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ ثُمَّ تَوَضَّأَ عَلَى خُفَّيْهِ ثُمَّ أَقْبَلَ - قَالَ الْمُغِيرَةُ - فَأَقْبَلْتُ مَعَهُ حَتَّى نَجِدُ النَّاسَ قَدْ قَدَّمُوا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَصَلَّى لَهُمْ فَأَدْرَكَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِحْدَى الرَّكْعَتَيْنِ فَصَلَّى مَعَ النَّاسِ الرَّكْعَةَ الآخِرَةَ فَلَمَّا سَلَّمَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُتِمُّ صَلاَتَهُ فَأَفْزَعَ ذَلِكَ الْمُسْلِمِينَ فَأَكْثَرُوا التَّسْبِيحَ فَلَمَّا قَضَى النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- صَلاَتَهُ أَقْبَلَ عَلَيْهِمْ ثُمَّ قَالَ « أَحْسَنْتُمْ ». أَوْ قَالَ « قَدْ أَصَبْتُمْ ». يَغْبِطُهُمْ أَنْ صَلَّوُا الصَّلاَةَ لِوَقْتِهَا. [صحيح مسلم 2/ 26] Artinya: “……………. Kemudian Rasulullah saw shalat pada sisa satu raka’at akhir bersama jama’ah yang lain. Tatkala Abdurrahman bin Auf mengucapkan salam (tanda akhir shalat) Rasulullah saw berdiri dan meneruskan shalat untuk genap raka’atnya. Kejadian itu membuat kaget kaum muslimin yang melihat. Setelah selesai, Rasulullah saw menghadap kaum muslimin dan berkata: Bagus sekali sholat kalian. Beliau memberi nasehat agar shalat tepat waktu” (HR. Muslim) d. Bergabung dalam shalat berjama’ah عَن مُعَاذِ بنِ جَبَّلٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُ صلى الله عليه و سلم إِذَا أَتَى أَحَدُكُم الصَلاَةَ وَالإِمَامُ عَلَى حَالٍ فَليَصنَعْ كَمَا يَصنَعُ الإِمَامُ قَالَ أَبُو عِيسَى (امام الترمذي) هَذا حديث غريب لا نعلم أحدا أسنده إلا ما روي عن هذا الوجه [سنن الترمذي 2/ 485] Artinya: “Berkata Mu’adz bin Jabbal: Nabi saw bersabda: jika kalian hendak mengerjakan shalat sedangkan imam sedang dalam suatu keadaan. Maka lakukanlah sebagaimana yang imam lakukan” (HR. Tirmidzi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan pesan/pertanyaan di bawah ini